Intel XDK di openSUSE Leap 42.1 KDE


Beberapa waktu lalu, saya mengalami masalah ketika hendak memasang Intel XDK di openSUSE Leap 42.1 KDE. Installer Intel XDK yang terbuka saat menjalankan install.sh memberikan pesan error bahwa saya belum memasang gtk2 atau versinya tidak kompatibel (GTK library is not installed or installed version is not compatible)

error gtk2 intel xdk

Ekspektasi  : Pasang gtk2 dan semua berjalan dengan lancar
Kenyataan   : YaST gagal mengambil paket dari salah satu repositori. Padahal saya mengambil 1-Click Install dari software.opensuse.org. Mungkin siap-siap Leap 42. Haha

Hmm…
Saya putuskan untuk gugling, dan saya sampai di Gentoo Wiki. Tapi mengikuti Wiki itu saya masih belum cukup. Dan inilah penyelesaian atas masalah tadi. Saya menggunakan Intel XDK 3641.

Installer Intel XDK hanya mengecek adakah paket yang bernama gtk2 sedangkan ketika saya lakukan zypper in gtk2 di terminal, sudah ada libgtk-2_0-0 terpasang. Dengan ini saya yakin untuk melakukan ini semua.

Hal yang pertama dilakukan adalah memasang paket intel-xdk-pset-3641.0-0.noarch.rpm yang terdapat di folder rpm dengan menjalankan perintah (dengan asumsi kita sudah berada di folder Intel XDK – dapat dicek menggunakan perintah pwd)

(xdk_web_linux64_3641) $ sudo zypper in rpm/intel-xdk-pset-3641.0-0.noarch.rpm

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan ekstrak terhadap berkas arsip intel-xdk-3641.0.0.tgz yang juga ada di folder rpm dan memindahkan isinya ke folder /opt/intel/xdk. Disini saya menggunakan GUI (hehe) jadi tinggal klik kanan dan ekstrak, lalu pindahkan dengan menggunakan Dolphin – Super User Mode.

Langkah terakhir adalah dengan menghapus broken symlink libudev.so.0 dan membuatnya kembali dengan menjalankan perintah dibawah.

$ cd /opt/intel/XDK
(/opt/intel/XDK) $ sudo rm libudev.so.0
(/opt/intel/XDK) $ sudo ln -s /usr/lib64/libudev.so.1 libudev.so.0

Voila! Sekarang coba jalankan xdk.sh

(/opt/intel/XDK) $ ./xdk.sh

Intel XDK

Nah, agar ada di Application Launcher, dapat melakukan klik kanan di Application Launcher dan klik Edit Application dan membuat Item Baru sesuai dengan yang diinginkan.

Selamat berkreasi🙂

Tinggalkan Balasan

