Raspberry Pi sebagai Server Kecil-kecilan


Hai, gais!πŸ™‚

Setelah nabung sekian lama, Alhamdulillah abis lebaran kesampean juga beli Raspberry Pi 3 (mimpi punya raspi sejak SMA :D). Dari awalnya mikir buat bikin Smart TV, bikin server, sampe bikin Bot TelegramπŸ™‚. Nah, berhubung ada domain nganggur (hasil promo gratis setahun) di http://muhammadrefa.xyz maka saya membangun server kecil-kecilan di raspi saya ini. Maka dari itu, disini saya mau berbagi program apa saja yang saya gunakan untuk membangun peladen ini.

Sebelumnya, disini saya menggunakan Raspberry Pi 3 Model B dengan OS Raspbian yang dimasukkan kedalam micro SD SanDisk Class 10 berkapasitas 16 GB. Untuk yang sudah terbiasa menggunakan Linux khususnya Debian (dan turunannya), mungkin lebih mudah beradaptasi. Raspberry Pi ini saya beli di Toko Mini Komputer dengan harga < 600rb. Untuk catu daya, saya gunakan adaptor 5V 3A yang saya beli di toko yang sama. SBC (single board computer) ini saya hubungkan dengan televisi kecil yang layarnya masih cembungπŸ˜€ menggunakan kabel Composite/RCA. Saya sempat beli di salah satu toko online dengan harga murah, tapi ternyata kualitasnya jelek😦 (padahal kata komennya kompatibel dengfan raspi). Alhasil, saya kembali ke kodrat saya sebagai anak elektro (cailah~), saya beli jack 3,5″ 3 ring/4 pole dan saya solder menggunakan konfigurasi ini. Saya sambungkan juga dengan mouse wireless Logitech M235 milik ayah saya yang tak kunjung saya kembalikan.πŸ˜€

Raspberry Pi lebih sering saya akses melalui ssh (berhubung gak punya keyboard). Karena itu saya lebih sering berhadapan dengan CLI. Bisa aja sebenernya SSH over X, caranya:

  • Windows
    Menggunakan Xming untuk X oer SSH dan PuTTY untuk SSH
  • Linux
    ssh -X pi@alamat-ip-raspi

Dibawah ini merupakan daftar program yang saya pasang untuk membuat sebuah peladen (server) kecil-kecilan.

  • nginx
    Digunakan sebagai web server. Paket php5 juga dipasang (soalnya saat ini saya baru ngerti PHP :p).
  • PhpMyAdmin
    Kalau udah terbiasa sama XAMPP, pasti kenal sama yang satu ini.
  • icecast2
    Karena saya suka iseng siaran radio online, jadi saya putuskan untuk membuat server icecast sendiri.πŸ™‚
  • transmission-daemon
    Diatur agar Web UI-nya nyala. Agar bisa diakses melalui peramban web.
  • aria2
    Download manager. Ditambah webui-aria2 agar bisa diakses melalui peramban web.
  • ddclient
    Untuk menyegarkan (refresh) IP untuk DDNS di Dynu. Gatau kenapa ribet ngatur DDNS di router FiberHome ini.
  • ngrok
    Kalau ini mirip DDNS + Port Forwarding tapi menggunakan alamat ngrok. Buat yang free, alamatnya acak (random).😦
  • samba
    Untuk berbagi file dengan perangkat lain (Windows, Linux, Android). Buat ngambil hasil unduhan dan hasil norrent.πŸ˜€
  • php5-cli
    Karena Bot Telegram saya dibuat menggunakan PHP, jadi saya butuh ini buat jalaninnya.πŸ™‚
  • tmux
    Biar bisa jalan walaupun memutuskan koneksi ssh.

Itu dia daftar program yang terpasang didalam Raspberry Pi 3 saya. Satu lagi, saya juga masang Kodi biar TV jadul saya berasa Smart TV. HahaπŸ™‚

Jangan lupa, untuk membuat sebuah peladen, dibutuhkan koneksi internet yang cukup. Dengan kecepatan koneksi dibawah (Indihome 1 Mbps) digunakan untuk meladeni 3-5 pendengar radio atau 1 komputer yang mengunduh 5 berkas > 2 MB secara paralel, jangan harap kamu masih bisa internetan.😦

Speedtest

Cepat hanyalah saat promosi.😦

Oh iya, Raspberry Pi tidak pernah saya matikan kecuali jika ingin atau harus dimatikan. uptime paling lama mencapai 36 hari dengan suhu masih disekitar 50 derajat celcius. Sebenernya bisa lebih, tapi karena di-restart jadi ngulang kan uptime-nya.

screenfetch raspi raspbian

Oke, saya cukupkan dulu post ini. Sampai jumpa!πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

