Review 4 Antivirus Linux


Setelah saya bergelut dengan virus Windows (yang berada di laptop teman saya), akhirnya saya putuskan untuk membersihkannya menggunakan avast! Linux yang ada di Xubuntu saya. Jadi saya lepas HDD saya lalu saya masukkan kedalam HDD Enclosure. Alhamdulillah virusnya sudah hilang.

Tidak cukup sampai disitu saya pun iseng mencicipi antivirus lainnya yang disediakan untuk platform Linux (tanpa wine tentunya :)). Ini dia review dari seorang newbie.

Tanggal uji coba : 25 Desember 2013
Sistem Operasi : Xubuntu 12.04 i386 Linux kernel 3.2.0-27-generic

Aspek yang dijadikan bahan uji coba : Pendeteksian virus W:32 yang dideteksi oleh avast! di Windows 7 64-bit.
Virus yang dijadikan bahan uji : mop13kms7 yang berada didalam archive zip yang berada dalam suatu folder yang bersama 1 file tak bervirus.

Isi directory :
~/sample virus/
———- mop13kms7
——————– mop13kms7.zip
—————————— mop13kms7.exe <– W32:Malware
——————– Office 2013 KMS Activator For Win 7.pdf
——————– UPLOADSQUAD – Simple to Share.url
———- VirtualBox-4.2.10-84105-Win.exe

Antivirus yang terlibat :

  • ClamAV 0.97.8 (GUI ClamTk)
  • Avast! Linux Home Edition
  • Comodo Linux Antivirus
  • F-Secure Linux Security

Semua Antivirus dalam keadaan baru di-update.

Hasil :

1. ClamAV dengan GUI ClamTk
Hasil : GAGAL mendeteksi adanya virus.
Screenshot
ClamTk1 ClamTk2

2. Avast! Linux
Bug fix : Jalankan sudo sysctl -w kernel.shmmax=128000000 di terminal sebelum menjalankan avast!
Direktori update : ~/.avast/400.vps
Hasil : BERHASIL mendeteksi adanya virus (dikenali sebagai Win32:Malware-gen).
Screenshot
avast1 avast2 avast3 avast4

3. Comodo Antivirus
Direktori update : /opt/COMODO/scanners/bases.cav
Hasil : BERHASIL mendeteksi adanya virus (dikenali sebagai Malware@#20wkca248wkq1).
Screenshot
comodo1 comodo2 comodo3

4. F-Secure Linux Security
Hasil : GAGAL mendeteksi adanya virus.
Screenshot menyusul.

Kesimpulan :
Menurut saya, avast! dan comodo merupakan antivirus yang cukup bagus untuk menghilangkan virus win32. Namun pada akhirnya, andalah yang dapat memutuskannya sendiri. Salam olahraga.😀

Tinggalkan Balasan

