Flashback


21 Maret 2013
Ingatan saya sedikit lemah. Namun, entah kenapa hari ini ingatan beberapa bulan lalu tiba-tiba teringat kembali.
Flashback. Itu lebih tepatnya.

Awal mulanya kemarin, 20 Maret 2013. Ketika saya sedang berada di sebuah gedung yang tidak terlalu jauh dari rumah saya, HP saya berbunyi, yang menandakan bahwa ada satu pesan baru di grup, yang isinya kurang lebih memberitahukan bahwa teman saya berulang tahun dihari itu. Saya memang ingat tanggal berapa dia lahir, namun saya lupa untuk melihat kalender, atau setidaknya tanggal dihari itu. Pesan itu mengingatkan saya kepada beberapa bulan lalu, tepatnya…

Jum’at, 23 Maret 2012
Ulang tahun dia memang terlambat 3 hari. Namun dihari itu kami hendak memberikan sebuah kejutan untuknya. Pada hari itu hanya panitia yang pergi ke sekolah. Namun entah mengapa saya pergi ke sekolah (seperti yang saya katakn, ingatan saya sedikit lemah). Dalang dari semua ini adalah Dewi, yang sekarang menjadi teman sekelasku. Dia meminta tolong kepada kakak kelas dan pelatih ekskulnya (teman saya yang berulang tahun) untuk mengerjainya. Sukses. Saya berhasil mengambil beberapa foto, dan satu diantaranya cukup bagus dan sempat saya jadikan wallpaper untuk beberapa hari (apa salahnya menjadikan foto hasil sendiri sebagai wallpaper?) walau akhirnya saya ganti karena teman-teman saya yang mengira saya memiliki hubungan spesial dengannya.

Kembali ke kehidupan nyata.

Dimulai dari kegiatan setelah melakukan aktivitas yang biasa dilakukan setelah bangun tidur, aku menyalakan laptopku. Teringat akan suatu folder yang namanya persis dengan tanggal kapan foto itu diambil. Memandangi foto-foto itu sembari mengingat-ingat kejadian setahun lalu. Asyik memang, namun terlarut dalam masa lalu itu tidak baik.

Lamunanku berlanjut sampai keluar rumah (jangan dicontoh). Sepanjang perjalanan mengitari 3 RT, aku terus melamun, dan melamun. Bagaimana kelanjutan kisahku tahun kemarin? Setelah aku tersadar, Allhamdulillah tidak mengalami kecelakaan sepanjang perjalanan.

Lalu aku kembali pergi ke masa dimana aku merasakan bagaimana rasanya jatuh cinta (kembali).

Kembali ke hari Jum’at, 23 Maret 2012. Dihari itu, perasaan itu semakin menjadi-jadi. Kalau dibuat persentase, dari awalnya 30% menjadi 55%. Naik 25%. Seperti apa yang biasa dilakukan okeh orang yang mencintai diam-diam, aku hanya bisa memperhatikannya dari jauh. Saat berdekatan pun rasanya seperti ada kupu-kupu di perutku (eh?). Hari demi hari berlalu. Chat demi chat dikirimkan. Mention demi mention tergusur oleh mention lainnya. bagaikan roda yang terus berputar, ketika kita berada diatas harus selalu siap untuk turun kebawah. Ketika perasaan ini memuncak, aku harus dihadapkan dengan fakta yang mengejutkan. Waktu 7 bulan itu tidak sedikit. Namun mau tidak mau aku harus dapat berusaha melupakannya. Walau akhirnya move on sudah terjadi sekitar 60% (pengertian move on disini adalah melupakan yang lama, lalu mencari yang baru. Itu artinya belum ada yang baru yang dapat mengisi kekosongan tempat). Namun seperti apa yang dikatakan Raditya Dika dalam bukunya yang berjudul Marmut Merah Jambu :

Pada akhirnya orang yang jatuh cinta diam-diam hanya dapat mendoakan yang terbaik untuknya.

Pada akhirnya, saya hanya ingin mengucapkan :

Selamat menjalani hari tua. Semoga aoa yang diinginkan dapat tercapai. Aamiin.

Yah, memang hari ini penuh dengan flashback. Yang harusnya semangat, seneng, malah mellow gini -_-

Kayaknya hari ini harus diresmikan. 21 Maret 2013 – Hari Flashback se-kamar Refa,

Bandung, 21 Maret 2013 pukul 21:21

Muhammad Refa Utama Putra

Orang paling rumit yang (setidaknya) sulit dimengerti oleh diri sendiri

One thought on “Flashback

Tinggalkan Balasan

