FreePascal IDE for Linux, Turbo Pascal untuk Linux.


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Berhubung di sekolah saya sedang belajar TurboPascal (for Windows, disingkat TPW), mau gak mau saya harus meninggalkan mainan lama (Python) yang sudah lama saya tinggalkan😛. Berhubung saya cari kesana kemari gak nemu TPW, akhirnya saya pake TurboPascal 7 via DOSBox. Enak? Lumayan lah. Tapi kalo cursor nya udah masuk DOSBox, saya gak bisa ngeluarinnya. Haha😀.

Saya disarankan oleh teman saya yang cukup membantu saya akhir-akhir ini. Dia mau ikut OSN, makanya dia belajar TP. Namanya Ahmad. Orang yang sama dengan orang yang memberi saya Source Code kemarin. Dia tuh temen SMP saya. Orangnya baik, tapi suka bikin kesel. Kok malah curhat gini sih😛 Dia menyarankan untuk menggunakan FreePascal. Setelah diinstall, asli enakeun. sekarang, saya mau berbagi cara Installnya.

Buka Terminal, ketikkan :

sudo apt-get install fp-ide

Setelah selesai diinstall, buka aplikasi dengan membuka Terminal dan menuliskan :

fp-2.4.4 (karena yang saya Install versi 2.4.4

Jika ingin, anda dapat membuat alias seperti ini :

alias bukapascal='fp-2.4.4' (agar ketika kita mengetik bukapascal terbuka fp-2.4.4

Agar alias tidak hilang saat Terminal di exit, anda dapat menuliskannya di ~/.bashrc.

FreePascal IDE for Linux

Oh iya, bagi anda yang dulunya menggunakan TurboPascal, filenya tidak bisa langsung dibuka, kecuali anda telah mengganti extension *.PAS di ujung filename menjadi *.pas.

Sekian dari saya. Terimakasih atas perhatiannya.

One thought on “FreePascal IDE for Linux, Turbo Pascal untuk Linux.

Tinggalkan Balasan

