Python di OpenSUSE Leap


Cuma mau ngasih tau,

Kalo mau pake python 2 di opensuse Leap 42.2, buka python pake perintah python dan buat pip pasang paket python-pip yang dibuka dengan perintah pip2

Kalo mau pake python 3 di opensuse Leap 42.2, buka python pake perintah python3 dan buat pip pasang paket python3-pip yang dibuka dengan perintah pip atau pip3

Udah bikin di python 2, terus pip masang buat python 3, migrasi kode ke python 3, dan ternyata paket di repo pada support python 2. Panik, pasang lewat pip gabisa. Pasang paket python-pip diatas, pip jadi bisa python 2. Kan kampret udah sejauh ini kudu balik lagi.

Akhirnya, bertahan pake python 3 dan paket yang ada di repo akhirnya bisa dipasang pake pip.

Port Serial pada Raspberry Pi 3


Hai semua ­čÖé

Sudah beberapa hari (tepatnya 2 hari) ini saya mendapat masalah. Saya menggunakan modul GPS dari ITEAD Studio di Raspberry Pi 3 dengan sistem operasi Debian Jessie. Tapi Raspberry Pi tidak menemukan modul tersebut. Kenapa ya? Baca lebih lanjut

2017


Mungkin memang begitu cara saya meninggalkan tahun 2016. Dengan meninggalkan semua kegalauan agar tidak ada lagi galau yang tersisa :). Sebenarnya postingan sebelumnya itu harusnya gak bau galau jadi gak perlu post dua kali gini :D.

Ok, mungkin mrotes diri sendiri dicukupkan sampai disitu :P.

Tahun baru sekarang rasanya berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Gak masalah sih. Toh saya juga udah kebiasaan begadang). Jadi biar beda, saya putuskan untuk membuat sebuah tulisan di Blog. Walaupun udah sering juga sih banyak orang yang nulis … terakhir di tahun 2016 atau … pertama di tahun 2017. ­čśÇ Baca lebih lanjut

Akhir Tahun


Bagaikan Glenn Fredly yang mengakhiri kisahnya di bulan Januari, hingga Efek Rumah Kaca yang menyukai keadaan selepas hujan di bulan Desember. Bagiku setiap bulan memiliki kisahnya masing-masing. Manis, pahit, asam, rasa-rasa tersebut mewakili dari kisah yang akan terus teringat di memori. Baca lebih lanjut

Move On


Ketika diri ini merasa harus berpindah, namun selalu saja ada penghalang. Banyak hal yang membuatku selalu ingat padanya. Padahal sudah banyak faktor yang membuatku harus menyudahi semua ini.

Melihat orang-orang yang kini sudah nyaman dengan pilihan mereka, membuatku tak tahan ingin menyelesaikan semuanya, dan melangkah ke tahap selanjutnya untuk memulai hal yang baru. Namun apa daya, penghalang itu masih saja tak mau hilang. Baca lebih lanjut

Intel XDK on openSUSE Leap 42.1 KDE


(This post is the English version of previous post. I’m not native English so sorry for my English. :p)

Yesterday, I got a problem when I want to Install Intel XDK on openSUSE Leap 42.1 KDE version. Intel XDK installer said that GTK library is not installed or installed version is not compatible

error gtk2 intel xdk

Expectation : Install gtk2 using 1-Click Install from software.opensuse.org and then install Intel XDK
Reality : YaST failed to get metadata from one of the repository. I think they prepare for Leap 42. Haha Baca lebih lanjut

Intel XDK di openSUSE Leap 42.1 KDE


Beberapa waktu lalu, saya mengalami masalah ketika hendak memasang Intel XDK di openSUSE Leap 42.1 KDE. Installer Intel XDK yang terbuka saat menjalankan install.sh memberikan pesan error bahwa saya belum memasang gtk2 atau versinya tidak kompatibel (GTK library is not installed or installed version is not compatible)

error gtk2 intel xdk

Ekspektasi  : Pasang gtk2 dan semua berjalan dengan lancar
Kenyataan   : YaST gagal mengambil paket dari salah satu repositori. Padahal saya mengambil 1-Click Install dari software.opensuse.org. Mungkin siap-siap Leap 42. Haha Baca lebih lanjut